Edisi 20-08-2019
Jokowi Bakal Hadiri Muktamar PKB di Bali


JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dalam acara pembukaan Muktamar PKB 2019 di Nusa Dua, Bali pada Selasa malam ini. Selain Jokowi, forum ter tinggi partai berlambang bumi dengan sembilan bintang ini juga dihadiri sejumlah ketua umum partai politik, menteri Kabinet Kerja, dan para duta besar.

Kepastian kehadiran Jokowi disampaikan Ketua Panitia Muktamar PKB Lukmanul Kha - kim kemarin. Dia meng aku su - dah berkoordinasi de ngan Ke - pala Sekretariat Pre si den Heru Budi Hartono terkait kehadiran Jokowi. “Alham du lillah Presiden Jokowi ber sedia hadir dan membuka aca ra Muktamar PKB di Bali,” ung k ap Lukman. Muktamar PKB akan di gelar pada 20-22 Agustus 2019 di Nu - sa Dua, Bali. Konsep aca ra muk - ta mar dibuat sebagai pesta rak - yat dengan meng usung te ma PKB Melayani Ibu Pertiwi. “Kon sep muktamar nan ti akan di bikin sebagai pes ta rakyat. Ada area nonton ba reng, bazar, hingga pameran foto,” kata Lukman.

Selain itu, dalam rangkaian muktamar sebelum acara pembukaan juga digelar Mu nas Alim Ulama Se-Indonesia di arena muktamar yang diha diri 1.000 kiai dari berbagai pe losok nege - ri. Dalam forum ter sebut para kiai juga akan me lakukan dis - kusi terkait dengan argumenta si dan dalil tentang kepemim - pinan nasional yang se laras de - ngan kultur masya ra kat Indo - ne sia. “Para kiai juga akan mem - buat rekomendasi kepada pe - me rintah untuk te rus mem per - kuat basis Islam yang moderat,” urainya. Lewat forum tersebut di ha - rapkan akan muncul reko men - da si yang dapat menciptakan terwujudnya kehidupan berma syarakat yang damai tanpa ada permasalahan terkait teroris me, radikalisme, dan in toleransi yang belakangan menjadi isu serius yang diha dapi bangsa ini.

Tidak hanya itu, para ulama yang hadir da lam forum tersebut juga akan menggelar tasyakuran atas pelaksanaan Pemilu 2019, khu susnya de - ngan terpilihnya Jo ko wi-KH Ma’ruf Amin se ba gai pasangan presiden dan wa kil presiden periode 2019-2024. Apalagi, Kiai Ma’ruf yang saat ini men - jadi musta syar PBNU, sebe lum - nya meru pa kan rais aam atau pimpinan tertinggi PBNU. “Tentu ini menjadi peker ja - an rumah dan sekaligus tang - gung jawab moral kita semua un tuk mengawal dan menyuk - seskan pemerintahan di lima tahun mendatang,” pungkas Luk manul Khakim. Semen tara itu, Ketua Umum DPP PKB Mu haimin Iskandar ke ma rin lang sung meninjau ve - nue acara se saat setelah tiba di lokasi Muk tamar PKB di Hotel Westin Nu sa Dua, Bali.

Cak Imin tiba seki tar pukul 17.00 Wita dengan di sambut Panitia Muktamar Ida Fauziyah, Luk ma nul Khakim, dan panitia lain. Cak Imin lang sung me nin jau lokasi venue acara di Mangupura Hall. “Kita te rus mempersiapkan k e - hadir an Pak Jokowi besok ma - lam. Pe serta mulai hari ini su - dah ber bondong-bondong da - tang ke hotel,” kata Cak Imin. “Pasukan Lebah mulai masuk hotel dan rahasia hotelnya bukan di sini, di sini hanya aula. Hotelnya di pinggir, yang mu - rah-murah,” katanya lagi. Cak Imin mengatakan, muk tamar akan dihadiri sekitar 3.000 peserta muktamar ditam bah sekitar 1.000 ulama.

“Dan, semua ketum partai-partai kita undang,” katanya. Cak Imin juga menjelaskan simbol lebah dalam muktamar kali ini. “Karena kami punya ke - sa daran bahwa lebah ini he wan yang sangat bermanfaat. Hi - dup nya solid, bergerom bol an, mengin duk pada pimpinan yang loyal. Dan, sekarang akan memilih induknya pada muk tamar ini,” tuturnya. Terkait pemilihan Bali se bagai lokasi muktamar, Cak Imin mengatakan bahwa Bali dinilai sebagai daerah strategis dan sim bol kebinekaan. Soal pemilih an ketua umum, Cak Imin me nyerahkan kepada para peserta muktamar.

“Semua kami serahkan pada mereka untuk ngambil keputus an. Saya gak bisa banyak ber komentar sebelum saatnya,” katanya. Dia hanya berharap agar pemilihan dilakukan melalui mu - syawarah mufakat. “Kalau ter - paksa, baru voting,” pung kasnya.

Abdul rochim