Edisi 24-08-2019
HUT Ke-30, RCTI+ Resmi Diluncurkan


JAKARTA - RCTI+ besutan MNC Group akhirnya resmi diluncurkan. Layanan streaming over the top (OTT) ini akan menyiarkan secara live tayangan empat televisi di bawah naungan MNC Group, yaitu RCTI, MNCTV, GTV , daniNews .

Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan di sela-sela puncak perayaan HUT Ke-30 RCTI yang berlangsung di Ecovention An col, Jakarta, Jumat (23/8) malam. “Jadi, masyarakat bisa punya pilihan untuk menonton, me lalui TV biasa atau streaming , yaitu melalui gadget mereka masingmasing,” ungkap Chai r man MNC Group Hary Tanoe soedibjo.

Ke depan, kata Hary, tayangan RCTI+ akan lebih beragam dan terus dikembangkan sehingga bisa memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan bagi masyarakat. “Nanti banyak konten-konten atau program-program lainnya yang menarik, yang ten tunya terkait dengan program televisi yang ada di TV kon ven sional,” tutur pria yang me mim pin lebih dari 100 perusahaan itu.

Di hari jadi RCTI , Hary bersyukur dan berharap stasiun televisi tersebut bisa terus menjadi yang terdepan di bidangnya. “Tetap harus menjadi market leader, trendsetter, memberikan contoh bagi TV-TV yang lain. Tentunya untuk kepentingan masyarakat Indonesia,” ungkap Hary.

Terkait RCTI+, layanan OTT ini akan menyiarkan secara strea ming konten-konten terkait siaran free to air (FTA) MNC Media yang meliputi RCTI, GTV, MNCTV , dan iNews TV . Tidak hanya itu, pemirsa juga akan disuguhi konten-konten yang berhubungan dengan FTA seperti bloopers, behind the scene , kuis, dan audisi. RCTI+ diyakini akan menjadi kontributor bagi lompatan pendapatan yang sangat besar untuk MNC Group.

Dengan audience share sebesar 40% atau berkisar 100 juta pemirsa, TV yang selama ini menjadi penonton setia empat TV MNC Group, maka basis itu bisa menjadi potential visitor dari OTT ini.

Selain RCTI+, MNC juga memiliki dua OTT lainnya untuk Pay TV dan independen OTT. Untuk OTT Pay TV, pelanggan MNC Vision, MNC Play, dan K-Vision bisa menonton melalui streaming di mana saja, kapan saja, sesuai dengan channel yang disukai.

Selain itu, ada independen OTT. OTT ini akan joint venture dengan anak usaha Baidu. Layanan streaming ini diyakini akan menjadi yang terbesar di Asia. Ke depan pendapatan digital MNC Group diperkirakan terus meningkat. Sebagai gambaran pada kuartal I/2019, pendapatan dari digital sudah berkontribusi hampir 9% dari total advertising revenue .

Iklan digital pada paruh pertama 2019 naik hingga 318% menjadi Rp325,2 miliar dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018, yaitu Rp77,6 miliar. Pada perayaan HUT RCTI yang juga disiarkan secara langsung itu, kemeriahan acara terlihat dari kemegahan tata panggung, tata suara, dan tata lampu yang memukau.

Terlebih saat artis Korea Selatan Lee Taemin tampil di atas panggung. Taemin menyanyikan beberapa lagu hits seperti Move , Danger , Hypnosis , hingga Want dengan paduan koreografi apik yang didukung penari latar yang diboyong langsung dari Negeri Ginseng.

Member termuda grup vokal asal Korea Selatan, SHINee ini begitu intim dengan penonton. Setiap aksinya mampu membius penggemar yang hadir malam itu. Sebelumnya Taemin sudah terlebih dulu bertemu fans dengan menggelar temu penggemar dengan 300 penggemar.

Taemin membuka perayaan HUT Ke-30 RCTI di Ecovention Ancol. Ruangan pertunjukan itu pun bergemuruh saat dia membawakan lagu-lagunya. Shawol, sebutan untuk fans SHIN ee, merespons penampilan Taemin dengan teriakan histeris.

Sepanjang aksinya di panggung, nama Lee Taemin terus disebut, saling bersahutan. Kur panjang dari penonton pun membahana sepanjang lagu. Usai membawakan lagu Move , Taemin langsung menari di atas panggung mengawali single Dangerous .

Intro lagu ini kembali disambut histeris. Para fans dibuat takjub dengan tarian serta suara Taemin yang dipadu dengan tata cahaya yang mengikuti gerakannya. Perayaan ulang tahun RCTI dibuka dengan spektakuler dan memanjakan para penonton setianya.

Selain Taemin, penampilan tak kalah apik juga ditunjukkan oleh artis papan atas Tanah Air. Di panggung outdoor , band Dewa 19 memperlihatkan kelasnya sebagai band legendaris yang masih eksis. Dewa tampil dengan dua vokalis, yakni Judika dan Ari Lasso.

Membawakan lagu Pangeran Cinta , Arjuna , dan Siti Nurbaya , aksi band besutan Ahmad Dha ni itu tak hanya membuat para penonton bernyanyi, tetapi juga bernostalgia. Penampilan Dewa semakin meriah dengan didukung pertunjukan visual yang memanjakan mata deng an konfigurasi water fountain bersama atraksi para pemain flyboard dan ke meriahan kem bang api.

Selanjutnya giliran solois sekaligus aktris Bunga Citra Lestari (BCL). Bersama para penari, ibu satu anak itu tampil nyentrik dengan membawakan lagu Dance Tonight . Aksi pang gung BCL kali ini membuat pang gung perayaan ulang tahun RCTI ke-30 semakin memanas.

Acara ini juga akan menghadirkan kolaborasi apik dari Kahitna, Yovie and His Friends, Wali, Rossa, Rizky Febian, Afgan, Isyana Sarasvati, dan Rendy Pandugo. Tak lupa juga penyanyi yang lahir dari ajang pencarian bakat RCTI seperti Andmesh Kamaleng, Nowela, Maria Simorangkir, Ah mad Abdul, Marion Jola, hing ga Brisia Jodie.

Tak ketinggalan, penampilan spesial dari Ayu Ting Ting dan Inul Daratista yang mengajak goyang penonton. Tidak hanya musik, persembahan spesial di ulang tahun ke-30 juga dimeriahkan oleh aksi-aksi magician terbaik Indonesia yang juga lahir di dalam perjalanan panjang RCTI , Limbad dan Oge Arthemus.

thomas manggala