Edisi 24-08-2019
Terwujudnya Mimpi Pencinta Star Wars


ANAHEIM– Pernah membayangkan serunya naik pesawat antariksa yang dikemudikan Han Solo? Apakah Anda termasuk yang suka memicu adrenalin di wahana yang menegangkan? Ingin bercengkerama dengan Stormtrooper dan Chewbacca? Atau sekadar mencicipi Bantha dan susu hijau? Semua itu ada di Star Wars: Galaxy’s Edge, wahana baru Disney land Anaheim, California, Amerika Serikat (AS), yang didedikasikan bagi pemuja Star Wars.

KORAN SINDO dan SINDONews berkesempatan menjelajahi atraksi seluas 14 hektare dan bernilai lebih dari Rp14 triliun tersebut menjelang D23 Expo. “Pengalaman yang paling nyata adalah bagaimana fans bisa merasakan pengalaman bagaimana berada di dalam film (Star Wars), bagaimana berada di planet (Batuu)”, ungkap Bob Chapek, Chairman Parks, Experience and Product Disney, men jelang pembukaan D23 Expo di Ana heim Convention Center, Anaheim, California, AS, Kamis (22/8) waktu setempat.

Tahun ini pencinta Star Wars benar -benar dimanjakan. Sebelum Star Wars: Episode IX - The Rise of Sky walker tayang Desember mendatang, atraksi Star Wars: Galaxyís Edge siap memenuhi fantasi fans terkait film legendaris tersebut.

Wahana Star Wars: Galaxy’s Edge menghadirkan petualangan seru layaknya di seluruh film tersebut. Selain itu, adrenalin pengunjung bakal diuji dengan cara yang diperkirakan sebelumnya karena banyak sekali kejutan. Untuk memuaskan para penggemar Star Wars, pembangunan wahana tersebut dipercepat.

Proses pembangunan wahana tersebut dilakukan sejak 2012 setelah Disney membeli Lucasfilm. Galaxy’s Edge menghadirkan kehidupan planet yang lekat dengan Star Wars, yakni Batuu. Wahana Star Wars: Galaxy’s Edge berpusat di satu kota yang ada di Planet Batuu, Black Spire Outpost.

Ketika pengunjung sampai di gerbang Galaxy’s Edge, penghuni Black Spire Outpost akan menyapa dengan idiom ‘bright suns’ jika kita datang di pagi dan siang hari, serta ‘rising moons’ bila menikmati wahana di malam hari. Di Kota Black Spire Outpost, pencinta Star Wars bisa berinteraksi dengan Chewbacca, si pejuang Wookie nan legendaris, sekaligus kopilot Han Solo.

Tak hanya itu, bagi yang ingin memiliki droid custom juga bisa. Di Droid Depot, pengunjung bisa ‘meracik’ droid-nya sendiri, memasang berbagai elemen, dan lalu mengaktifkannya.

“Uniknya, ketika kita membawa droid, lalu bertemu dengan droid lain, maka dia akan bereaksi,” ungkap Art Director, Creative Studio, Walt Disney Imagineering Kirsten Makela di Lincoln Theater, Disnleyland Anaheim, California, AS, Kamis (22/8).

Tapi apa jadinya jika ke Black Spire Outpost tanpa membuat Lightsabers sendiri di Savi’s Workshop? Pengunjung bisa memilih warna Lightsabers sesuai keinginan masing-masing. Bagi yang ingin memiliki Lightsabers dan merakitnya dikenai biaya USD200.

Star Wars: Galaxy’s Edge memiliki wahana utama yang paling wajib dicoba, yaitu Millennium Falcon: Smugglers Run. Sedangkan atraksi yang juga dinanti, Star Wars: Rise of The Resistance Rides, bakal dibuka pada 17 Januari 2020.

Saat pertama kali dirilis dalam bentuk video tahun lalu, wahana Millennium Falcon langsung membuat heboh penggemar Star Wars. Wahana tersebut mengajak pengunjung terbang menggunakan pesawat antariksa yang dikemudikan Han Solo di film Star Wars.

“Saya mengincar wahana ini (Millennium Falcon) karena saya sangat suka dengan Han Solo dan Chewbacca,” ujar pengunjung Disneyland, Mark. Adapun Rise of The Resistance menawarkan konsep interaktif yang menggunakan teknologi canggih sehingga tidak ada batasan antara kenyataan dan fantasi.

Para pengunjung amat antusias lantaran Galaxy’s Edge merupakan bentuk ekspansi paling hebat dan terbesar di dunia. “Kami ingin meng hadirkan atraksi berbasis teknologi. Semua wahana harus ajaib,” imbuh Bob Chapek.

Tak lama setelah diluncurkan, majalah TIME menahbiskan Galaxy’s Edge sebagai tempat paling hebat di dunia tahun ini, “Disneyland hidup dari imajinasi,“ ungkap Chapek. Ketika mengunjungi Black Spire Outpost, penggemar Star Wars juga bisa berbelanja berbagai merchandise atau membeli makanan, kudapan, dan minuman.

KORAN SINDO dan SINDONews mencicipi menu paling populer pada film Star Wars: Episode IVA New Hope, yakni susu biru alias susu Bantha yang ada di Oga’s Cantina. Setelah mencicipi susu Bantha, giliran susu hijau yang pernah tampil di Star Wars: Episode VII-The Last Jedi menunggu untuk diteguk.

“Segar, seperti ada rasa kelapa, dan sayuran di dalamnya,” ujar salah satu pengunjung. Bagi yang perutnya keroncongan setelah mengendarai Millenium Falcon bisa mengunjungi Ronto Roaster.

Ada makanan seperti hotdog menunggu untuk dinikmati. Selain di Anaheim, Star Wars: Galaxy’s Edge juga akan hadir di Hollywood Studios, Walt Disney World Resort, Orlando, Florida, pada 29 Agustus.

HANNA FARHANA

Laporan Wartawan KORAN SINDO-SINDOnews

CALIFORNIA, AS