Edisi 11-09-2019
Gelar Operasi Hernia dan Katarak Gratis


JAKARTA – MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih melanjutkan kepedulian di bidang kesehatan dengan menggelar operasi hernia dan katarak gratis kepada masyarakat prasejahtera.

Bekerja sama dengan Semarang Medical Center Rumah Sakit (SMC RS) Telogorejo, kegiatan operasi kali ini ditujukan bagi warga Semarang dan sekitarnya. Peserta operasi tidak hanya berasal dari Semarang, juga dari kabupaten sekitarnya seperti Jepara, Demak, Ken dal, Grobogan, Pekalongan, dan Boyolali.

Adapun target peserta hingga Desember 2019 sebanyak 100 pasien hernia dan 150 pasien katarak. Pasien hernia yang sudah berhasil dioperasi hingga September 2019 mencapai 54 orang dari anak-anak hingga dewasa. Adapun dalam kegiatan ini kemarin telah dioperasi lima pasien hernia, sementara untuk pasien katarak 10 orang.

Pelaksanaan operasi hernia dan katarak dilakukan tim dokter SMC RS Telogorejo secara bertahap hingga target peserta terpenuhi sampai akhir 2019. Selain di Semarang, kegiatan sejenis juga dilakukan di Kebumen, Lampung, dan beberapa kabupaten di Jawa Timur.

Hingga awal September 2019, jumlah penerima bantuan kesehatan dari MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih adalah sekitar 700.000 pasien. MNC Peduli bekerja sama dengan Yayasan Rumah Sakit Telogorejo dan RS Telogorejo untuk melakukan kegiatan operasi katarak dan operasi hernia.

Kegiatan ini juga sudah dilakukan untuk ke sekian kalinya oleh MNC Peduli. “Untuk kali ini (target pasien-red) hernia itu 100 pasien dan katarak 150 pasien, tapi bukan berarti tertutup sampai di situ.

Kami akan evaluasi bersama dengan rumah sakit bila masih ada pasien, khususnya dari Jawa Tengah perlu ditambah akan kita bicarakan dengan pihak Rumah Sakit Telogorejo dan Yayasan Telogorejo,” ujar Ketua MNC Peduli Syafril Nasution, Senin (9/9).

“Kegiatan ini tidak hanya di Semarang. Setelah dari sini (Semarang) langsung ke Gombong, karena kami juga akan lakukan kegiatan sama di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. Jumlah pasien hampir sama dan juga kegiatan ini tidak hanya di Jawa Tengah, juga kami lakukan di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, dan sebelumnya ada NTT,” tambahnya.

Salah seorang pasien asal Demak, Abdul Gaffar, 71, mengaku bersyukur mendapat ke sempatan operasi katarak gratis. Selama beberapa tahun terakhir, pandangannya semakin berkurang hingga menghambat aktivitas sehari-hari.

“Sangat senang karena dengan operasi ini bisa mendapatkan kesembuhan, sehingga kami dapat menikmati lagi terangnya dunia ini. Dapat membaca dengan jelas baik itu bukubuku bacaan, majalah, ataupun surat kabar,” kata Gaffar.

Direktur Rawat Jalan SMC RS Telogorejo Natalia Susanto mengungkapkan, acara bakti sosial yang merupakan sinergi SMC RS Telogorejo dengan MNC Peduli tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar di Kota Semarang.

“Seperti kita ketahui bahwa kehidupan semakin mahal, kesehatan juga semakin mahal. Sehingga dengan adanya CSR ini sangat membantu masyarakat di Kota Semarang pada umumnya,” ungkap Natalia.

Dia mengungkapkan, sebenarnya kerja sama ini sudah berjalan cukup lama, jadi tidak hanya satu tahun tapi sudah dari 2006. Dia sangat mengharapkan MNC Peduli juga bisa mengembangkan pelayanan yang lebih lagi dan kerja sama lebih baik lagi dengan Telogorejo.

binti mufarida