Edisi 11-09-2019
Gandeng TNI, PLN Perkuat Pengamanan


JAKARTA –PT PLN (Persero) menggandeng TNI meningkatkan keandalan sistem ketenaga listrikan, kerja sama ini didukung dengan penan datanganan nota kesepahaman tentang pengamanan dan pemeliharaan keandalan sistem ketenagalistrikan di Tanah Air.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani me ngatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini meru pa kan tindak lanjut dari au dien si PLN kepada Panglima TNI pada Agustus lalu. Ini juga sekaligus se bagai salah satu langkah strategis perse roandalam menjaga kegiatan operasional perusahaan, baik di sisi pembangkitan, trans misi, dan distribusi.

Perseroan ingin meminimalisasikan masalah-ma sa lah tek nis dan sosial yang bisa berakibat pada risiko pe la yan an pe nye diaan kelistrikan atau bah kan risiko pe ma daman listrik total (blackout). “Kami sangat ber terima ka sih kepada TNI. Tugas pe nye diaan tenaga listrik oleh PLN akan terasa makin mudah dan semakin ringan dengan banyaknya dukungan dan kon tribusi dari para sta ke holder, termasuk di antara nya TNI,” kata Sripeni di Jakarta, kemarin.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI didukung oleh tiga matra, yakni darat, laut, dan udara, yang meru pa kan sum ber daya strategis dan leng kap untuk mendukung kegiatan operasional PLN. “Ja ngan segansegan kalau ada permasalahan di lapangan lang sung menghubungi dan meng in formasikan kepada TNI agar kita cari jalan ke luar nya,” ujar nya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan li ma agenda perjanjian kerja sa ma (PKS), yaitu Perjanjian Ker ja sa ma Antara Direktur Human Capital Ma nagement (DirHCM) PLN dengan Asisten Teritorial Pang lima TNI terkait Fly-Ash Bot tom Ash dan CSR.

Selanjut nya Perjanjian Kerjasama Antara Dir HCM PLN dengan Asi sten Teritorial KASAD tentang Pendampingan dan Pemeliharaan Keandalan Sistem Ketenaga listrikan.

Perjanjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Asisten Potensi Dirgantara KASAU ten tang Pengamanan dan Bantuan Fasilitas TNI AU untuk Kean dal an Sistem Ketenaga listrikan, Per janjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Asisten Ope rasi KASAL tentang Pengamanan dan Pemeliharaan Sistem Bantuan Sis tem Ketenaga listrikan, dan di tutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara DirHCM PLN dengan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI tentang Pemanfaatan Sumber Daya dalam Pe ng - amanan dan Penggala ng an un - tuk Objek Vital PT PLN.

Bidik Pegawai Bertalenta Dari Program Magang

Sementara itu, PT PLN (persero) membidik pegawai baru dari program magang mahasiswa dan siswa sekolah me ne - ngah kejuruan (SMK). Lang - kah itu di la kukan untuk men - da patkan sum ber daya ma nu - sia (SDM) yang siap pakai se - suai kebu tuh an perusahaan. Direktur Human Capital Ma nagement PLN Muhamad Ali mengatakan, program ma - gang yang bekerja sama de - ngan per gu ruan tinggi dan SMK ter sebut terbukti meng - ha silkan tenaga kerja siap pakai.

Untuk itu, PLN ber ko - mit men terus mening katkan kua li tas pe magangan ma ha - siswa guna men dukung pro - gram pen di dikan vokasi. “PLN sangat peduli dengan pendidikan termasuk vokasi. Me lalui program ini kami ber - ha rap mahasiswa akan me ra - sakan dunia kerja yang se sung - guhnya,” kata Ali saat me lun cur - kan Program Magang Ma ha - siswa Bersertifikat (PMMB) Batch II Tahun 2019 di Graha PLN Pusdiklat, Ragunan, Ja - karta, kemarin.

Dia menambahkan, khusus untuk program magang yang diikuti siswa SMK, PLN berhasil menyerap 90% peserta menjadi karyawan yang di tempatkan di berbagai unit bisnis. Total hing ga saat ini sudah ada sekitar 456 orang mendapatkan SK pe nem patan dari siswa SMK dan program D3. “Yang tidak masuk itu ka r ena ma sa - lah kesehatan,” ka tanya.

PMMB Batch II yang di lun - curkan kemarin diikuti 46 per - gu ruan tinggi dari Sumatera, Kal i mantan, Sulawesi, Bali, dan Jawa. Tahun ini jumlah kam pus yang mengikuti pro - gram itu bertambah signifikan diban ding Batch I yang hanya delapan per guruan tinggi. Ali menjelaskan, PMMB ada lah salah satu wujud nyata dari kegiatan CSR PLN Peduli yang sudah berjalan sejak Ok tober 2018.

“Sudah sejak Oktober, me lalui PMMB yang didukung oleh Kementerian BUMN, mem buk tikan bahwa kami semua sangat peduli terhadap kemajuan sek tor pendidikan di Indonesia, ini juga menjadi wujud nyata dari BUMN Hadir Untuk Negeri,” kata Ali.

Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Sidik Sunaryo sebagai salah satu perwakilan perguruan tinggi yang berkesempatan berga bung PMMB Batch II, menyatakan apresiasinya terha dap PLN dan Kementerian BUMN. “Banyak yang bisa ma ha siswa pelajari, dunia kerja dan budaya kerja ini sangat perlu mereka untuk terjun langsung, mereka akan belajar etika dan tata kra ma da lam lingkungan bekerja,” katanya.

PMMB merupakan tindak lanjut dari program FHCI (Forum Human Capital Indonesia) Kementerian BUMN, pada 2018 program dimulai dengan lima perguruan tinggi bidang distribusi sejumlah 71 mahasiswa yang magang selama enam bulan serta tiga perguruan tinggi bidang diklat sejumlah 15 orang yang magang selama tiga bulan.
Biaya yang direa li sa sikan CSR PLN melalui PMMB hingga 2019 senilai lebih dari Rp11 miliar. Target FHCI untuk PMMB Batch 2/2019 di lingkungan PLN ada lah 200 orang ma ha siswa yang ber asal dari Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), dan Sar jana 1 (S1).

hafid fuad/ yanto kusdiantono