Edisi 11-09-2019
Gol pada Momen Ulang Tahun dan Spekulasi Tentang Modric


BAKU –Bagi pemain sepak bola, salah satu cara terbaik menikmati ulang tahun adalah bermain di lapangan, mencetak gol, dan mendapat kemenangan.

Satu dari dua syarat itulah yang dinikmati Luka Modric saat merayakan ulang tahunnya ke-34. Modric merayakan tanggal lahirnya dengan mengenakan jersey Kroasia pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup E melawan Azerbaijan di Bakcell Arena Baku, Selasa (10/9).

Pemain terbaik dunia 2018 itu melengkapi perayaan ulang tahunnya dengan satu gol pada menit ke-11, sebelum dibalas Tamkin Khalilzade (72). Hasil imbang itu membuat Kroasia nyaman di puncak klasemen sementara. Mereka unggul satu poin dari Slovakia dan Hungaria.

Hanya saja, klasemen masih bisa berubah karena Wales yang di peringkat empat memiliki sisa satu laga. Dengan enam poin, Gareth Bale dkk bisa melonjak ke peringkat kedua. Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menjelaskan, timnya memulai laga dengan baik, mencetak gol dan kemudian menciptakan beberapa peluang, tapi berhasil dimentahkan penjaga gawang Azerbaijan Emil Balazev.

Tuan rumah bahkan berhasil menyamakan kedudukan yang membuat mereka mendapatkan poin untuk kali pertama dari lima pertandingan. Dengan 10 poin, Kroasia berpeluang mengunci tiket ke Euro 2020 jika bisa mengalahkan Hungaria di Stadion Poljud di Split pada 10 Oktober.

“Saya mengatakan pada babak pertama bahwa kami harus waspada, tetapi kami gagal menciptakan peluang nyata di babak kedua dan kebobolan gol mudah,” kata Dalic setelah pertandingan.

Sukses Modric mencetak gol ke gawang Azerbaijan itu tidak sekadar menjadi kado ulang tahun, tapi juga menjadi bukti bahwa dia masih menik mati sepak bola di tengah situasi tidak nyamannya bersama Real Madrid.

Selama jendela transfer musim panas, Modric dikaitkan akan pergi meninggalkan Santiago Bernabeu karena usia yang tidak muda lagi. Klub Seri A, AC Milan, sempat disebut sebagai pelabuhannya. Kontrak Modric bersama Real Madrid akan berakhir pada Juni 2020.

Situasi ini membuat spekulasi tentang masa depannya bersama tim Zinedine Zidane belum akan berhenti. Seperti pemain lain, termasuk striker PSG Edinson Cavani, Modric sedang dalam bulanbulan terakhir dari kesepakatannya.

Dia bisa saja pergi pada pertengahan musim. Apalagi mantan pemain Tottenham Hotspur itu sempat dikabarkan masuk dalam paket pembelian Neymar.

Apalagi kabar menyebutkan, Real Madrid telah menandatangani perjanjian dengan Ajax untuk Van de Beek pada 2020 menggantikan posisi Modric. Van de Beek menjadi perbincangan pada musim lalu.

Gelandang 22 tahun itu menjadi salah satu tulang punggung Ajax menembus semifinal Liga Champions dan menjuarai kompetisi Eredivisie 2018/2019. “Kami semua paham bahwa Modric adalah pemain dengan kepribadian yang baik.

Dengan peraturan baru ini, Modric mendapatkan kartu merah, tetapi saya merasa yakin bahwa ia sama sekali tidak memiliki niat buruk pada momen tersebut,” ujar Zidane saat membela Modric di laga melawan Celta Vigo.

ma’ruf