Edisi 11-09-2019
Fugslang Tercepat di Etape Gunung


ASTURIAS– Etape gunung pada stage16 Vuelta a Espana 2019 berhasil dimenangkan Jakob Fugslang.

Pembalap senior tim Astana itu melejit sendirian pada kilometer akhir tanjakan Pegunungan Alto de La Cubilla dengan ketinggian 1.690 meter di Asturias, Spanyol, Selasa (10/9) dini hari. Fug slang yang menjadi bagian dari pembalap break away (pembalap pemburu keme nangan) meninggalkan pemba lap muda tim Ineos Tao Geo ghe gan Hart yang mencoba mengejar.

Namun, pembalap Inggris itu hanya mampu finis kedua, selisih 22 detik di belakang Fugslang. “Rasanya luar biasa,” kata Fugslang, dilansir The Guardian. “Itu salah satu tujuan saya untuk datang ke sini. Tapi, satu hal untuk memiliki tujuan dan yang lain untuk mencapainya.

Saya sangat senang mendapatkan kemenangan ini,” kata Fugslang. Di belakang kelompok pemburu kemenangan, rombongan pembalap unggulan kembali terlibat dalam persaingan sengit di tanjakan terakhir.

Miguel Angel Lopez (Astana) paling agresif. Namun, dia selalu kesulitan merontokkan para pesaing di pun cak ge - neral classification(GC). Duo Slovenia Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) benarbenar tak bisa digoyahkan. Mereka akhirnya finis hampir bersamaan.

Namun, para andalan Movistar yang menjadi korban. Nairo Quintana sudah rontok terlebih dahulu di dasar tanjakan. Dia semakin tercecer di klasemen GC. Lalu, mendekati pun cak, giliran Alejandro Valverde yang tak mampu mengimbangi Lopez, Pogacar, dan Roglic.

Sang juara dunia berusia 39 tahun itu kehilangan 23 detik di garis finis. Ini berarti, Roglic masih mantap di puncak GC. Terus mengenakan red jersey. Val verde masih berada di urutan kedua, tapi semakin tertinggal, minus 2 menit dan 48 detik.

Posisinya semakin terancam oleh Pogacar yang kini berada di urutan ketiga dengan torehan waktu 3 menit dan 42 detik di belakang Roglic. Setelah ini, hanya lima etape tersisa.

sazili mustofa