Edisi 11-09-2019
Menanti Pembuktian


JAKARTA –Laga kontra Persipura Jayapura tidak sekadar perburuan poin penuh bagi Persija Jakarta.

Lebih dari itu, pertandingan tunda pekan ke-11 Liga 1/2019 ini akan menjadi pembuktian Pelatih Julio Banuelos untuk meningkatkan performa Macan Kemayorandi paruh musim kedua. Manajemen Persija sudah mengabulkan permintaan Banuelos untuk menambal sejumlah kelemahan tim Ibu Kota yang diekspos dengan baik oleh lawan-lawannya pada putaran pertama.

Empat pemain baru didatangkan untuk menjaga kedalaman skuad. Dua bek Facruddin Aryanto dan Alexandre Luiz Reame ‘Xandao’ asal Brasil langsung diangkut ke Jakarta untuk memperkuat tim. Di lini tengah, manajemen mendatangkan gelandang asal Spanyol Joan Tomas Campasol dan Rachmad Hidayat dari Bhayangkara FC.

Nama terakhir merupakan hasil tukar guling dengan Bruno Matos. Kedatangan empat nama ini diharapkan menjadi jawaban atas buruknya performa Persija khususnya mengantisipasi serangan lawan di menit-menit akhir pertandingan. Kedatangan dua bek tengah juga membuat Banuelos memiliki banyak pilihan pemain untuk diturunkan.

Demikian halnya dengan kedatangan Joan Tomas yang menjadi suksesor Matos. Pemain berusia 35 tahun jebolan Primera Liga itu diharapkan mampu menjadi jenderal di lini tengah Persija. Keyakinan tersebut lantaran pemain baru yang didatangkan ini merupakan rekomendasi dari pelatih asal Spanyol tersebut dan disebutsebut mampu menerjemahkan karakter permainan yang diinginkan Banuelos.

Apalagi, selama ini Banuelos kerap mengklaim jika permainan Persija terus menunjukkan peningkatan kendati baru mampu mempersembahkan dua kemenangan dan lebih banyak bermain imbang. Eksperimen mantan asisten pelatih timnas Indonesia itu bakal diuji Persipura dalam laga sore ini.

Duel ini akan menjadi pembuktian janji Banuelos kepada manajemen dan Jakmaniauntuk mengangkat performa tim. Menghadapi Persipura, Banuelos sudah menggenjot anak asuhnya dengan latihan keras dalam empat hari terakhir.

Dia menyatakan laga ini menjadi momentum bagi Ismed Sofyan dkk untuk bangkit dan mengakhiri hasil kurang maksimal dalam beberapa laga terakhir. “Saya berharap besok semua pemain diturunkan bisa tampil baik dan maksimal untuk bisa memenangkan pertandingan.

Kami juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan tiga poin karena kami membutuhkan kemenangan,” ujarnya, pada konferensi pers, kemarin. Menilik catatan statistik, Persija punya modal bagus menghadapi Persipura.

Dalam enam pertemuan terakhir, Macan Kemayoranmengemas dua kemenangan, sekali kalah, dan sisanya berakhir imbang. Enam poin bahkan diraup Persija kala kedua tim bersua pada musim 2018 lalu. Meski demikian, bukan perkara mudah mengalahkan tim Mutiara Hitamyang kini bertengger di urutan kesembilan dengan 20 poin.

Di bawah kendali pelatih anyar Jacksen F Thiago, Boaz Salossa dkk menunjukkan peningkatan performa. Mereka berhasil meraup 10 poin dalam empat laga terakhir. Mereka bahkan menutup paruh pertama musim dengan menggasak Barito Putera 4-0.

Potensi Persipura mencuri angka diakui Banuelos. Dia menyebut bukan laga mudah jika menghadapi tim Mutiara Hitamyang tengah onfire. Karena itu, dia meminta tim berjuang habis-habisan agar misinya berjalan sempurna. “Kami harus waspadai Persipura.

Mereka adalah tim kompak dan tim sudah lama bermain bersama. Tim yang kuat tentunya dan kami harus waspada. Namun, kami percaya penuh kepada tim bisa tampil maksimal,” katanya. Apalagi, dalam laga nanti sejumlah pilar penting dipastikan absen.

Persija dipastikan kehilangan Andritany Ardhiyasa, Rohit Chand, dan Novri Setiawan. Pelatih Banuelos menyatakan tidak ada masalah dengan absennya sejumlah pemain lantaran Macan Kemayoran sudah mendatangkan pemain baru.

“Memang ada beberapa pemain absen. Tapi, kami bisa menurunkan pemain baru, yakni Fachruddin, Joan Tomas, serta Xandao. Tidak hanya itu, 18 pemain yang dibawa saat ini dalam kondisi siap,” tandasnya.

Fachruddin mengaku siap mengawal lini pertahanan Macan Kemayorandalam laga nanti. Menurutnya, dia lebih siap menghadapi Persipura lantaran sudah menjalani masa recoveryyang cukup selama masa jeda musim. Karena itu, dia bertekad mempersembahkan tiga poin perdana bersama Persija.

“Sebagai pemain, saya sudah siap karena sudah persiapan lama. Ditambah kondisi fisik lebih baik karena ada waktu jeda agak lama. Saya pikir temanteman akan bekerja keras dan fokus untuk pertandingan besok karena Persija sangat butuh poin,” sebutnya.

Persija saat ini memang tengah membutuhkan poin penuh setelah mengakhiri paruh pertama musim di urutan ke-17 atau zona degradasi. Tim kebanggaan Jakmaniaitu terpaut 26 poin dari pemuncak klasemen sementara Liga 1 Bali United.

Berkaca pada selisih poin tersebut, peluang Macan Kemayoran mempertahankan gelar juara dipastikan tertutup meski masih memiliki tiga pertandingan tunda.

abriandi