Edisi 11-09-2019
APP Kembangkan Hunian untuk Polri dan PNS Polri


PT Adhi Persada Properti dan Bank BRI bekerja sama dengan Polri menyediakan hunian bagi anggota Polri dan pegawai negeri di lingkungan Polri.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) merupakan lembaga yang memberikan fasilitas kredit kepemilikan properti dengan program Kredit Kepemilikan Properti Reguler (KPP) dan Kredit Perumahan Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Wahyuni Sutantri, Direktur Pemasaran dan Pengelolaan Properti PT Adhi Persada Properti, mengatakan, sebagai tahap awal nota kesepahaman ini, proyek yang akan dikerjasamakan adalah Mardhika Park.

Selanjutnya, berbagai proyek lain juga akan dikerjasamakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan hunian anggota Polri dan pegawai negeri pada Polri. Apartemen Mardhika Park merupakan kawasan yang dikembangkan APP di lahan seluas 1,5 hektare, yang pada pengembangan pertama saat ini terdiri dari tiga menara.

Untuk menara I, total yang tersedia mencapai 388 unit, menara II mencapai 417 unit, dan menara III mencapai 414 unit. Dari Total unit yang tersedia, 60% di antaranya dipasarkan dengan skema FLPP.

Sejak dilakukan groundbreaking pada Maret 2017, diperkirakan tiga menara yang direncanakan selesai pembangunannya pada September 2019. Wahyuni menambahkan, setelah kerja sama dengan Polri, ke depannya APP terus akan bekerja sama dengan pihak lain dalam upaya menyiapkan hunian.

“Program 1 juta rumah yang dicanangkan pemerintah sampai saat ini belum 100% terpenuhi. Kami akan turut serta dalam penyediaan hunian masyarakat tersebut,” katanya. Skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) merupakan fasilitas subsidi kredit pemilikan rumah (KPR) yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019, pos anggaran untuk FLPP meningkat menjadi Rp7,1 triliun dari Rp5,8 triliun pada tahun sebelumnya.

Happy Murdianto, Ketua Tim APP yang menginisiasi kerja sama, mengatakan, apa yang dilakukan APP dengan Polri ini merupakan tindak lanjut pemikiran Kapolri untuk menyiapkan hunian layak dengan harga terjangkau bagi anggota Polri.

“Kepercayaan yang diberikan Polri ini tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi APP, karena apa yang selama ini kami lakukan dalam mengembangkan hunian mendapatkan respons positif,” tuturnya.

Primartono Gunawan, Kepala Divisi Kredit Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, mengatakan, dalam pengadaan hunian bagi anggota Polri dan pegawai negeri pada Polri ini, BRI akan memberikan program KPR dengan suku bunga khusus dan KPR Sejahtera FLPP dengan suku bunga 5% dengan jangka waktu pinjaman hingga 25 tahun.

Selanjutnya, BRI akan menyosialisasikan program KPR khusus bagi anggota Mabes, Polda, Polres, serta pendekatan kepada anggota Polri di seluruh Indonesia. Ini semua merupakan wujud komitmen BRI meningkatkan kesejahteraan anggota Polri, khususnya dalam memfasilitasi pemenuhan kebutuhan perumahan.

anton c