Edisi 11-09-2019
Herbal Indonesia Tembus China


SALAH satu pasar ekspor yang sulit ditembus oleh industri Tanah Air khususnya industri jamu di Indonesia adalah negara China.

Regulasi yang diterapkan Negeri Tirai Bambu tersebut cukuplah ketat untuk produk-produk jamu yang masuk ke wilayahnya. Adalah PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI) yang merupakan produsen produk Herbal Tetes SoMan melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan dua perusahaan China.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT Harvest Gorontalo Indonesia Riyanto dan disaksikan langsung Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito beserta jajarannya.

Herbal Tetes SoMan dinilai sukses dalam menembus pasar China, Hong Kong, dan 10 negara lainnya, setelah sebelumnya memang sukses memasarkan produknya di dalam negeri.

Melalui kesepakatan Supply and Distribution Agreement dengan dua perusahaan tersebut, PT Harvest Gorontalo Indonesia akan mengekspor Herbal Tetes SoMan ke pasar China dengan nilai kontrak USD12 juta (sekitar Rp170 miliar).

“Kami akan memfinalisasi MoU untuk memperkuat kolaborasi lebih lanjut,” kata Kepala BPOm Penny K. Lukito dalam keterangan tertulisnya.

ananda nararya