Edisi 12-09-2019
Gelar Operasi Hernia dan Katarak Gratis untuk Masyarakat Gombong


GOMBONG - MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih melanjutkan kepedulian di bidang kesehatan dengan kembali menggelar kegiatan operasi hernia dan katarak gratis kepada masyarakat prasejahtera.

Bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah, kegiatan operasi kali ini ditujukan bagi warga Gombong, Kebumen, dan sekitarnya. Peserta operasi tidak hanya berasal dari Gombong, juga dari beberapa kecamatan sekitarnya, seperti Pejagoan, Rowokele, Prembun, Karanggayam, Buayan, serta ada juga yang berasal dari kabupaten lain seperti Cilacap dan Wonosobo.

Ada pun target peserta hingga Desember 2019 adalah 50 pasien hernia dan 100 pasien katarak. Pasien hernia yang sudah berhasil dioperasi hingga September 2019 adalah 19 orang dan pada kegiatan ini direncanakan akan dioperasi sebanyak delapan orang pasien hernia.

Sementara untuk pasien katarak sudah berhasil dioperasi sebanyak 29 pasien dan kemarin sejumlah 10 orang pasien telah dioperasi. Pelaksanaan operasi hernia dan katarak akan dilakukan tim dokter RS PKU Muhammadiyah secara bertahap hingga target peserta terpenuhi sampai akhir 2019.

Selain di Gombong, kegiatan sejenis juga dilakukan di daerah Semarang, Lampung, dan beberapa kabupaten di Jawa Timur. Hingga awal September 2019, jumlah penerima bantuan kesehatan dari MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih adalah sekitar 700.000 pasien.

Ketua MNC Peduli Syafril Nasution mengungkapkan, kegiatan MNC Peduli dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong ini sudah beberapa kali dilaksanakan dan akan terus dilakukan karena masih banyaknya kebutuhan masyarakat kurang mampu untuk berobat.

“Tentunya kerja sama dengan PKU Muhammadiyah ini akan kami lakukan tidak hanya kepada operasi katarak maupun hernia, tapi juga pada penyakit lain yang dibutuhkan.

Target kami di RS PKU Muhammadiyah Gombong kali ini, untuk katarak diharapkan bisa 100 orang hingga akhir tahun, begitu juga dengan hernianya. Harapannya bisa tercapai, kita mulai hari ini dan berakhir bulan Desember,” lanjut Syafril.

Dokter Umum RS PKU Muhammadiyah Gombong, dr H Muh Miftahuddin mengatakan bahwa kegiatan kerja sama ini sangat positif mengingat angka kejadian penyakit katarak dan hernia masih cukup besar di wilayah Kebumen.

Bahkan, dari banyak penderita penyakit tersebut tidak semuanya memiliki fasilitas kesehatan yang bisa membiayainya. “Sebagai fasilitas penyelenggara kesehatan, ini sangat membantu kami mewujudkan kesehatan masyarakat yang lebih baik sehingga kualitas hidup masyarakat penderita katarak menjadi lebih baik.

Mereka bisa kembali menjalani aktivitas sehari-harinya dengan lebih baik dan lebih produktif,” ujar Miftahuddin. Ade Wasjan, 65, salah satu pasien dari Desa Mulyasari, Majenang, Cilacap, mengaku telah menderita penyakit katarak selama 5 tahun dan belum pernah berobat karena terkendala biaya.

“Saya senang sekali, seperti mendapat hadiah. Saya ingin hidup normal kembali, beraktivitas kembali. MNC Peduli Yayasan Jalinan Kasih dan RS PKU Muhammadiyah Gombong yang sangat membantu buat orang-orang kurang mampu, termasuk saya. Mudah-mudahan rumah sakit dan MNC Peduli lebih maju dan lebih barokah,” katanya.

Bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kesehatan lainnya melalui MNC Peduli dapat menyalurkan dana ke rekening bank atas nama: Yayasan Jalinan Kasih melalui: MNC BANK 100-01-00000-9851-5, MANDIRI 103-00099-0000- 8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119.

Bagi yang ingin mengajukan permohonan bantuan pengobatan dapat menghubungi nomor telepon: 021- 3909-103 atau membuka fanspage di Facebook dengan akun Yayasan Jalinan Kasih.

m ridwan