Edisi 12-09-2019
Hadiah Wisuda Paling Disukai


Salah satu momen membanggakan dalam kehidupan seseorang adalah lulus kuliah serta menjadi sarjana.

Peristiwa ini biasannya dikemas dalam sebuah perayaan bernama wisuda. Di momen penting tersebut, para wisudawan/ wisudawati tak hanya dibanjiri ucapan selamat, melainkan juga aneka hadiah.

Berikut berbagai hadiah yang biasa diberikan saat wisuda versi survei Litbang KORAN SINDO.

BUKET BUNGA

Hadiah ini merupakan hadiah yang banyak diterima para wisudawan. Mulai dari bunga melati, bunga matahari, bunga lili, bunga tulip, hingga bunga mawar. Kini, hadiah bunga tak hanya didominasi bunga hidup, melainkan juga bunga yang terbuat dari kain flanel.

BONEKA

Hadiah favorit kedua adalah boneka. Sebagai hadiah wisuda, boneka yang diberikan pada umumnya adalah boneka yang sudah didandani layaknya seorang wisudawan, lengkap dengan toga dan jubahnya. Harga yang dibanderol beragam, tergantung dari ukuran boneka, karakter boneka hingga kotak pengemasan boneka.

BUKET SNACK

Selain bunga, benda yang bisa dibuat menjadi buket adalah snack atau makanan ringan. Hadiah ini tergolong murah meriah namun tetap meninggalkan kesan mendalam bagi mereka yang menerima. Cara membuatnya juga sangat mudah dan bahan-bahannya juga tak sulit dicari.

KUE

Tak hanya pada perayaan ulang tahun, kue juga bisa diberikan untuk perayaan kelulusan. Kue yang diberikan biasanya dilengkapi dengan pernak-pernik wisuda seperti hiasan toga, tulisan ucapan selamat, hingga foto wisudawan/i.

KARIKATUR

Gambar wisudawan yang sedang diwisuda dalam bentuk karikatur menjadi hadiah yang berkesan. Karikatur ini bisa dibuat di atas kertas, kayu, atau media lainnya. Hadiah ini termasuk dalam hadiah yang unik dan menimbulkan kesan mendalam.

MUG

Hadiah lucu ini bisa didesain sekreatif mungkin dilengkapi dengan kata-kata ataupun gambar tokoh kesukaan wisudawan. Selain ucapan selamat, bisa juga menyematkan kata-kata motivasi, harapan atau doa untuk wisudawan. Desain yang digunakan bisa memakai foto, gambar atau lukisan wisudawan/i, atau karakter yang disukai wisudawan.

COKELAT

Cokelat dipercaya dapat mengubah mood yang jelek. Dengan memberikan satu toples cokelat, bisa membawa kebahagiaan tersendiri bagi wisudawan. Cokelat yang diberikan biasanya dihiasi dengan pita tak lupa dilengkapi dengan surat ataupun ucapan selamat.

VOUCHER LIBURAN

Travelling menjadi salah satu hobi yang digemari oleh banyak orang. Pasalnya, liburan mampu membawa dampak positif, salah satunya melepaskan stres. Hadiah ini bisa membantu para penerimanya melepas stres pasca menghadapi sidang akhir.

JAM TANGAN

Selain hadiah ulang tahun, jam tangan bisa menjadi hadiah wisuda. Saat ini juga sudah ada yang menjual jam tangan custom. Gambar di dalam jam tangan bisa merupakan foto wisudawan/wisudawati atau atribut yang berbau wisuda. Hadiah ini juga tahan lama, berkesan dan sangat bermanfaat.

SCRAPBOOK

Salah satu bentuk hadiah kreatif lainnya adalah scrapbook. Hanya dengan bermodalkan foto dan kertas, scrapbook bisa dimanfaatkan sebagai hadiah wisuda untuk orang tersayang. Akan lebih berkesan lagi jika ditambahkan dengan ucapan selamat, kata-kata motivasi atau harapan-harapan.

Tradisi Wisuda Unik

Dilempar sampah di Oxford University

Salah satu universitas bergengsi di dunia ini memiliki satu tradisi wisuda unik yang disebut trashing. Tradisi ini sebenarnya mirip seperti saat kita merayakan ulang tahun kawan, yaitu dengan melempari si wisudawan menggunakan ‘sampah’ seperti susu, krim, saos tomat, air, dan lainnya.

Pemberian pedang di University of Lund

Berbeda di Oxford, berbeda pula di Finlandia. Negara yang dikenal sebagai tempat sistem pendidikan terbaik di dunia ini memiliki satu tradisi cukup bekelas untuk para wisudawan, yaitu pemberian pedang secara simbolis. Pedang yang digunakan saat perayaan wisuda University of Lund ini merupakan simbol bahwa semua mahasiswa yang telah lulus harus bisa membela hal yang benar serta baik.

Mengenakan kostum unik di Kanazawa College of Arts

Jepang tidak pernah sepi dari yang namanya kreatifitas, termasuk salah satunya dalam merencanakan pesta kelulusan. Kalau di Indonesia kita dapat melihat kebaya dikenakan wisudawan, di Jepang yang kita lihat adalah kostum-kostum lucu bin aneh. Sebuah institusi bernama Kanazawa College of Arts memperbolehkan wisudawannya tidak mengenakan jubah kebesaran wisuda saat acara, melainkan diganti dengan kostum bertebal bebas asalkan itu unik.

Merokok bersama profesor di Notre Dame University

Wisudawan Notre Dame University, Amerika Serikat ini memiliki satu tradisi wisuda unik yang tidak tertulis yaitu merokok bersama profesor. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sebuah teras khusus sambil ngobrol santai. Dan jika mahasiswa tersebut bukan perokok, maka mereka hanya akan melakukan obrolan biasa.

INFOGRAFIS:KORAN SINDO/BOBBY FIRMANSYAH