Edisi 12-09-2019
BRI Benahi Ekosistem Ranu Pane


LUMAJANG - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus mendorong usaha kecil mikro naik kelas sehingga layak menda pat kan kucuran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Bank BRI kali ini menya lur kan KUR kepada lebih dari 50 usaha kecil mikro yang ter gabung dalam kelompok usaha Mekaar yang telah dikembang kan oleh PT Permodalan Na sio nal Ma dani (PNM) di Luma jang, Jawa Timur.

”Rata-rata penyaluran KUR sebesar Rp8 juta perpengusaha dan untuk meningkatkan ka pa si tas usaha agar lebih produktif lagi dan lebih mampu ber saing,” ujar D irektur Bisnis Mikro Bank BRI Supari saat menyaksikan pe nye ra h an KUR Mikro kepada nasabah kecil mikro naik kelas di Ranu Pane, Lumajang, Jawa Timur, kemarin.

Penyerahan KUR secara simbolis di lakukan oleh Men teri BUMN Rini Soe mar no dan Wa kil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto. Menurut Su pari, para pe ne rima KUR ter sebut ke ba nyak an memiliki usa ha yang ber gerak di bidang perdagangan, peter nak an, dan pertanian.

Selain mem be rikan fasilitas kredit, BRI juga mela ku kan pendampingan ke pa da seluruh nasabah Mekaar yang naik kelas. Pendampingan ini, lanjut dia, dila kukan secara ber ke lan jutan oleh tenaga marketing Bank BRI dalam rangka me ning katkan kapasitas dan kom pe tensi para pengusaha agar bis nis nya semakin meningkat.

”Kami akan senantiasa memberikan pendampingan dan pem binaan kepada na sa bah Me kaar yang akan dan telah naik ke las melalui pembiayaan KUR Bank BRI. Harapan kami, mereka dapat meningkat kan daya saing nya dan ak hirnya bis nis nya dapat terus ber kem bang,” tutur dia.

Tak hanya itu, pada kesem pat an ter sebut Bank BRI juga menyalurkan CSR BRI Peduli di bi dang lingkungan dan sarana umum kepada masyarakat di sekitar Danau Ranu Pane. Bantuan CSR BRI Peduli ter sebut beru pa pengerukan dan pele bar an bibir Danau Ranu Pa ne berlokasi di kaki Gu nung Se meru.

Selain itu, penanaman 5.000 bi bit po hon cemara gu nung di se kitar hu tan lindung Gunung Semeru dan mere vi ta li sasi shelter pendakian. Pada kesempatan yang sa ma, Men teri BUMN Rini Soe marno juga men do rong u sa ha kecil mikro kelompok usa ha Mekaar bisa naik kelas.

Pihaknya meminta PNM bersama Bank BRI terus bersinergi melakukan pembinaan supa ya nasabah bisa me ning kat kan usahanya supaya le bih sejah tera. ”Saya menekankan bahwa program Me kaar usahanya terus membaik supaya bisa naik kelas.

Kalau yang dulunya jual an nasi bungkus keliling, bisa punya gerobak naik kelas lagi bikin keripik dan seterusnya supaya program nya bisa dengan BRI,” ujar dia. Pada kesempatan terse - but, Rini juga me ne kan kan supaya hasil usa ha dapat di gu nakan dengan cermat.

Pihak nya meminta hasil jerih payah dari usa ha ter sebut da pat terus ditabung supaya usahanya bisa naik kelas lebih cepat. ”Uangnya ha rus dita bung su paya usa ha nya se makin besar se hingga naik ke las nya bisa le bih cepat. Selain itu, bisa membantu supaya anak-anak bisa sekolah lebih tinggi,” kata dia.

Riwayati, 41, salah satu nasabah PNM Mekaar mengaku sangat terbantu dengan kehadir an KUR da ri BRI. Da lam hal ini, BRI mem be rikan kemudahan sya rat bagi na sabah Mekaar yang su dah naik kelas dan hendak meng aju kan kredit.

Kemudahan itu, di antaranya nasabah cukup mendapat rekomendasi PNM dilihat dari usa ha yang terus mening kat se hing ga tidak lagi di pungut agun an tam bah an. Pencair an KUR juga di ja min cepat dan pem - biaya an lang sung masuk reke ning tabungan.

”Kalau usaha nya sudah me ningkat be gini, sya rat nya mu dah, hanya bu tuh kartu ke luar ga (KK) dan KTP. Bah kan bunga nya juga sangat kecil,” ujar dia. Adapun syarat lain nya, na sabah ti dak sedang me mi liki kre dit pro - duk tif di bank lain serta ti dak per nah me nunggak ang sur an.

Di samping itu, Bank BRI juga mem berikan pendam pingan dan pela tihan bagi nasabah Me kaar yang naik kelas. Pendam ping an dan pela tihan ini dijalankan melalui program BRIncubator. Dia berharap pemberian KUR dari Bank BRI ter se but da pat lebih mening katkan lagi usa hanya ber jual an sem bako.

”Mudah-mudahan usaha saya lebih maju lagi. Dan saya berterima kasih kepada Bank BRI dengan adanya KUR ini meringankan beban saya karena bunganya kecil dan bisa dicicil tiap bulan,” kata dia.

nanang wijayanto