Edisi 12-09-2019
CR7 Menggila


VILNIUS – Berbicara mengenai Cristiano Ronaldo tentu tidak bisa dipisahkan dengan gol.

Reputasinya sebagai predator mematikan sulit tertandingi seusai membantu Portugal melibas Lituania 5-1 pada lanjutan Kualifikasi Grup B Piala Eropa 2020, Rabu (11/9). Intimidasi fans tuan rumah di Vilniaus LFF Stadion justru malah membuat CR7 menggila.

Alhasil, penyerang Juventus tersebut mencetak empat gol (7_pen, 61, 65, 76). Satu gol Portugal lainnya disumbangkan William Carvalho (90+2). Sementara gol Lituania dicetak Vytautas Andriuskevicius (28). Hasilnya beberapa rekor individu kembali tercipta. Bisa dibilang itu hattrickkedelapan CR7 bersama Portugal.

Artinya, dia telah mencatat 54 hattricksepanjang kariernya. Total bintang berusia 34 tahun itu telah mengemas 93 gol bersama A Selecao das Quinasdi semua kompetisi. Ronaldo sejajar dengan dua legendaris Portugal macam Eusebio (1966) dan Nuno Gomes (2002) yang juga pernah mencetak empat gol dalam satu laga untuk Portugal.

Bedanya, Ronaldo kini menjadi pemain Portugal pertama yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan hingga dua kali. Naluri membunuh Ronaldo seolah tidak mengenal lawan. Tercatat bekas bintang Sporting Lisbon, Manchester United (MU), dan Real Madrid, itu telah mencetak gol melawan 40 tim berbeda selama 161 kali membela Portugal.

Belum cukup sampai di situ. Ronaldo juga telah menggelontorkan 24 gol dan berhasil melampaui torehan 23 gol milik Robbie Keane. Sebelumnya, pemain Republik Irlandia itu menyandang sebagai pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Eropa.

“Saya mencetak satu gol melawan Serbia dan empat ke gawang Lituania. Sesuatu yang paling saya inginkan adalah terus seperti ini. Tampil bagus untuk Portugal,” katanya dilansir reuters. Pujian juga datang dari pelatih Fernando Santos.

Dia mengatakan status Ronaldo sebagai mesin gol tidak pernah luntur. Kegemilangan Ronaldo jelas menjadi senjata utama Portugal yang belum terkalahkan dalam empat pertandingan, yakni dua kali menang dan dua kali imbang.

Jawara Piala Eropa 2016 itu kini bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup B. Mereka tertinggal lima poin dari Ukraina yang berada di puncak (13 poin). Selanjutnya Portugal akan berhadapan dengan Luksemburg pada 12 Oktober mendatang.

alimansyah