Edisi 12-09-2019
Setelah 13 Tahun, Impian Argentina ke Semifinal Terwujud


DONGGUAN– Penantian panjang Tim Nasional Bola Basket Argentina lolos ke semifinal FIBA World Cup 2019 atau Piala Dunia Bola Basket 2019 akhirnya terwujud.

Setelah menunggu selama 13 tahun, Luis Scola dkk memastikan satu tempat di semifinal seusai mengalahkan kandidat juara Serbia 97-87 di Dongfeng Nissan Cultural and Sports Centre, Dongguan, China, Selasa (10/9). Tidak diunggulkan menang, Argentina justru mampu menunjukkan permainan impresif sejak tip-off.

Permainan rapi mereka mampu mengacak-acak pertahanan Serbia dan berbuah keunggulan yang dominan. Serbia sejatinya selalu berusaha untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun sayang, setiap usa ha mereka mencetak poin se lalu mendapatkan balasan yang sama dari pihak Argentina.

Hingga peluit akhir ditiupkan wasit, Argentina menang dominan dengan skor besar. Kunci kemenangan Argentina di pertandingan kali ini adalah performa apik pemain veteran mereka, Luis Scola. Pemain yang pernah merambah karier di NBA ini mampu mencetak total 20 poin dan 5 rebounduntuk memimpin kemenangan Argentina.

Tidak hanya Scola, pemain lain yang menunjukkan permainan tak kalah cantik adalah Facundo Campazzo. Campazzo mampu mengakhiri pertandingan dengan torehan 18 poin dan 6 rebound.

“Itu hanya mengganggu saya bahwa orang terus berbicara tentang keajaiban, terus berbicara tentang kejutan, terus berbicara tentang tidak ada yang percaya,” kata Scola dilansir laman resmi NBA. “Aku memberitahukanmu, ada 22 orang yang percaya selama dua bulan terakhir bahwa kita akan berada di sini.

Itu yang kami butuhkan, hanya 22. Kami mendapatkannya dan ini jauh dari keajaiban,” kata Scola. Sementara di kubu Serbia, Bogdan Bogdanovic dan Nemanja Bjelica menjadi dua pemain yang perannya paling terlihat dalam tim.

Bogdanovic mampu menjadi pencetak angka terbanyak seusai menorehkan 21 poin dan 4 rebound.Sementara Bjelica yang mendapatkan menit bermain cukup banyak dalam laga ini mampu menyumbangkan hingga 18 poin untuk timnya.

Sayangnya, kerja keras kedua pemain Serbia itu masih belum membuahkan hasil manis. “Kami banyak melakukan latihan uji tanding musim panas ini. Sulit, ini kekalahan yang sulit diterima. Tetapi, ini bola basket, ada hal-hal yang lebih penting,” kata Bjelica.

sazili mustofa


Berita Lainnya...