Edisi 16-09-2019
Cita Rasa Masakan India Utara


BAGAIMANAcita rasa India Utara dari Kota Mumbai jika dihidangkan di piring Anda? La Moda Jakarta yang secara khusus mengundang C hef India dari seri Netflix “The Final Table” pun memberikan pengalaman kuliner khas ini untuk menambah preferensi rasa.

Dalam event khusus yang berlangsung pada 11-14 September lalu, KORAN SINDO diundang untuk merasakan bagaimana cita rasa tra di sio nal dari India lewat tangan andal Chef Amninder Sandhu yang kini bekerja sebagai executive chef di Arth, Mumbai, India. Memperkenalkan hidangan India ke kancah dunia, Chef Amninder membawa satu set menu yang hadir dalam tam - pilan sangat modern namun menggunakan resep klasik. Tak hanya itu, membawa cita rasa dari negara asalnya, ma kan an yang dibuatnya spesial karena menggunakan metode me ma - sak tradisional dan me ngem - balikan bahan-bahan lokal.

Karena itu, Chef Amninder lebih memilih memasak meng - gunakan kayu atau arang yang dipercayainya me nambah rasa unik pada setiap hidangan. “Metode memasak tradisional, seperti chullah cop per lagans, chattis atau tandoor tanah, menambah rasa unik pada setiap hidangan,” kata Chef Amninder. Hidangan India dikenal sebagai hidangan yang cocok untuk dinikmati di rumah. Namun, Chef Amninder mem - berikan nilai tambah untuk mengubah hidangan India sebagai pengalaman gastronomy yang tak terlupakan. Petualangan rasa itu pun dimulai dengan menu appetizer tokri chaat yang merupakan potato basket renyah dengan isian tekstur lembut dan rasa segar paduan lembut yoghurt, ditambah tekstur buncis, aroma dari hidangan ini pun makin isti mewa karena mint chutney . Menu appetizer lainnya yang juga istimewa adalah naga mushroom gilawat .

Di buat dengan dominasi rasa jamur yang terasa strong dan ada kejutan di tengah dengan kejunya, teksturnya pun te rasa lembut dari jamurnya. Lalu ada crispy dari biskuit saffron . Menu utama yang ter masuk menu klasik dalam set menu ini adalah butter chicken and butter naan dan chicken makhmali . Chef Amninder juga menghadirkan hidangan yang dinamakannya mamaís , yaitu kari kambing Chef Am ninder yang legendaris, ma sakan yang dipelajari dari ibu nya. Semua rasanya pun terasa autentik, dalam paduan rempah India.

Setelah mencicipi gong dari hidangan utama tadi. Pengalaman makan siang hari itu pun ditutup dengan dessert manis dari menu rasmalai tres leches , yaitu paduan dari saffron sponge dengan campuran yoga jenis susu. Rasanya ma nis dan berpadu wangi aroma saffron khas.

Dyah ayu pamela