Edisi 16-09-2019
MNC Animation Ramaikan Beacon


BADAN Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Bekraf Animation Conference (Beacon ) tahun ini sebagai komitmen pemerintah mendukung pengembangan subsektor animasi di Indonesia.

Animasi merupakan salah satu subsektor prioritas yang menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan. “Subsektor animasi men - jadi bagian penting dalam ekonomi kreatif. Namun, pada kenyataannya masih terdapat beberapa hambatan yang memungkinkan subsektor ini sulit berkembang, di anta ra - nya regulasi dan kebijakan pe - merintah yang masih belum sepenuhnya mendukung per - kembangan animasi nasional, dan minimnya dukungan te - levisi nasional untuk me nam - pilkan karya animasi anak bangsa,” ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf saat membuka ke giatan Beacon di Pullman Hotel Jakarta Central Park, Sabtu (14/9).

Beacon Jakarta yang diselenggarakan selama dua hari, mampu menarik minat 1.500 orang untuk hadir sebagai peserta dan Beacon Surabaya dihadiri oleh 500 orang peserta. Diprediksi Beacon yang kembali digelar di Jakarta pada tahun ini dapat menarik lebih banyak peserta untuk hadir dan ber partisipasi. Dengan tema “pengelolaan properti intelektual terkait subsektor animasi”, Beacon pada tahun ini menghadirkan pembicara yang sesuai dengan tema tersebut. Pada sesi animation project menghadirkan pembicara Faza Meonk (kreator Si Juki), Sei Young Cheong atau Andy (MNC Animation), dan Nur Alif Ramadhan (kreator Dalang Pelo).

“Selain menghadirkan Pak Andy sebagai pembicara pada tema animation project , MNC Animation juga mengisi booth Beacon selama satu hari full . Booth tersebut untuk membagikan pengetahuan tentang IP milik MNC Animation, serta menjadi sarana pemasaran programprogram MNC Animation seperti studio visit, event dan aktivitas media sosial. Tidak hanya itu, kami menggandeng MNC Games untuk memaksimalkan persebaran informasi tentang games yang sedang dijalankan maupun games yang akan segera dirilis. Kami harap dengan adanya Beacon , animasi Indonesia seperti KIKO selalu mendapat apresiasi berupa dukungan dari masyarakatnya,” ujar Head of Marketing dan Communication MNC Animation Suhendra Wijaya.

Selain seminar yang akan dibawakan oleh pembicara tersebut, pada tahun ini Beacon juga menghadirkan 34 booth yang diisi oleh studio animasi dan game , sekolah dan universitas, publisher dan asosiasi/komunitas terkait dengan animasi yang sebelumnya sudah melalui proses kurasi agar dapat berpartisipasi di exhibition Beacon .

Iman firmansyah