Edisi 18-09-2019
Indonesia Top 20 Negara Terbaik untuk Investasi


NEW YORK – Indonesia dinobatkan sebagai satu di antara negara terbaik untuk investasi menurut laporan US News & World Report.

Indonesia menempati peringkat ke-18 dari total 80 negara yang masuk dalam daftar tersebut. Posisi puncak dalam daftar itu ditempati Uruguay. Arab Saudi menempati peringkat kedua. Adapun peringkat ketiga, Costa Rica (lihat info grafis). “Indonesia masih lebih unggul dibandingkan Italia yang menempati ranking ke-19 dan Brasil pada posisi ke-20,” ungkap laporan US News & World Report.

Hasil survei tahun ini sa ngat berbeda dibandingkan tahun lalu. Saat itu Top 5 negara terbaik untuk investasi ditempati berturut-turut Filipina, Indonesia, Polandia, Malaysia, dan Singapura. US News & World Report tahun ini telah melakukan survei terhadap lebih dari 21.000 orang di penjuru dunia dengan 65 atribut berbeda, termasuk pengaruhbudaya, entrepreneurship, dan kualitas hidup.

US News fokus pada de lapan hal, yakni entrepreneurship, stabilitas ekonomi, ling kung an pajak yang menguntungkan, inovasi, skill tenaga kerja, kepakaran tek nologi, dinamisasi, dan korupsi. Respons dari mereka yang disurvei itu digunakan untuk menentukan peringkat.

Uruguay unggul di pering kat pertama dalam daftar ini setelah meloncat 12 peringkat dari tahun lalu. “Para pembuat keputusan bisnis menempatkan negara Amerika Selatan ini 25 posisi lebih tinggi dibandingkan populasi umum untuk menyediakanlingkunganpa jakyang baik, 17 posisi lebih tinggi untuk dinamika, dan 15 posisi lebih tinggi untuk sta bilitas ekonominya,” papar laporan itu.

Dibandingkan negara Amerika Latin lain, Uruguay dianggap memiliki lingkung - an yang mendukung bisnis, sistem hukum, dan demokrasi yang stabil sehingga menarik para investor. “Beberapa investor asing yang masuk antara lain per usahaan teknologi travel Sabre, Pepsi Co Inc, dan Astra Zeneca,” ungkap laporan itu.

Arab Saudi menempati peringkat kedua dengan banyak keunggulan. “Saudi dianggap memiliki kinerja ekonomi yang kuat sehingga menarik dan men dukung investasi asing lang sung,” papar data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bank Dunia memperkirakan ekonomi Saudi tetap akan tumbuh dalam beberapa tahun mendatang.

Kondisi itu sangat menarik bagi para investor. Costa Rica di posisi ketiga karena dianggap sebagai salah satu negara dengan lingkungan pajak yang bersahabat bagi para investor. “Investasi langsung asing di negara Amerika Tengah itu tumbuh hingga 18% menjadi USD3 miliar,” papar laporan Bank Dunia pada 2018.

Sebagai negara di peringkat keempat, Luxembourg juga me - miliki lingkungan pajak yang sangatdicariparainvestordunia. Majalah Global Finance bahkan memasukkan negara kecil di Eropa itu sebagai negara terbaik keenam di dunia untuk investasi.

India yang berada di pe ringkat kelima menjadi salah satu yang terbaik dalam menarik investasi langsung asing. “Raksasa Asia Selatan itu juga salah satu dengan dana ter besar didunia untuk riset dan pengembangan, serta masuk da lam ranking Negara Terbaik 2019 karena memiliki tenaga kerja terampil yang kompe ti tif,” ungkap laporan tersebut.

Untuk menjadi negara yang layak bagi investasi, sejumlah standar harus terpenuhi. Lapor an Grup Bank Dunia pada 2011 menyoroti empat faktor, yakni rakyat, lingkungan, hubungan, dan kerangka kerja yang mendorong individu dan korporasi berinvestasi pada sumber daya alam, pasar, teknologi, atau brand di suatu negara.

Menurut survei majalah CEOWORLD, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara terbaik di dunia untuk investasi atau berbisnis pada 2019. Posisi puncak ditempati Malaysia. Peringkat ke dua ditempati Polandia, kemudian diikuti Filipina, Indonesia, dan Australia.

“Ranking itu berdasarkan 11 faktor berbeda, termasuk korupsi, kebebasan (pribadi, perdagangan, dan moneter), tenaga kerja, proteksi investor, infrastruktur, pajak, kualitas hidup, birokrasi, dan kesiapan teknologi. Setiap kategori itu menentukan ranking setiap negara,” ungkap pernyataan CEOWORLD.

Dalam peringkat itu, Singapura menempati posisi keenam, diikuti India, Republik Ceko, Spanyol, dan Thailand. Inggris, Amerika Serikat (AS), China, dan Jepang di peringkat ke-16, 18, 24, dan ke-32. Yang mengejutkan dalam survei CEOWORLD, posisi sepuluh puncak didominasi negara-negara Asia Tenggara.

Setiap tahun majalah CEOWORLD merilis berbagai survei berdasarkan beragam kategori mulai dari orang terkaya hingga universitas ter baik, perusahaan terbaik, dan eksekutif terbaik. Kali ini kategori yang disusun adalah Negara Ter baik di Dunia untuk Investasi atau Berbisnis.

syarifuddin