Edisi 18-09-2019
Pererat Hubungan Melalui Lomba Esai


JAKARTA – Untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-70 hubungan diplomatik RIRusia, Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia untuk Indonesia mengadakan lomba esai dan logo.

Pemenang lomba akan diberi tiket gratis pulang pergi Indonesia-Rusia. Duta Besar (Dubes) Rusia un tuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan, Kedubes Rusia telah menerima 309 esai dan 39 logo. Peserta berasal dari ber bagai daerah, mulai Aceh hing ga Papua, dan dari berbagai kalangan usia.

Jumlah karya yang diterima sebenarnya lebih banyak. Ha - nya saja, pengirimannya sudah melampaui batas waktu yang di - tentukan sehingga tidak diang - gap valid. Perlombaan dilaks a - na kan sejak 22 Juli sampai 27 Agustus silam. Pemenang lomba logo jatuh kepada Udhy Mozal, seorang de sainer asal Jakarta.

Sementara lomba esai dime nangi Rafly Aditya Nurdhani dan Mo nica Jesusia. Me re ka meraih ti ket pulang-per gi me nu ju Moskow yang berlaku hingga 15 De sem - ber mendatang. Mozal merancang logo 70 ta - hun hubungan RI-Rusia dengan sangat sederhana sehingga jelas dan mudah ditangkap maknanya.

Dia menggambar angka 70 di dalam sebuah lingkaran. Angka 7 dibentuk menyerupai Monas yang dimiringkan dan dipasangi bendera merah putih. “Arti dari logo ini ya kurang lebih semoga persahabatan ke dua negara tetap terjaga dengan baik dan saling mengun tung kan,” terang lelaki kelahiran ta hun 1967 tersebut.

Logo itu di buat sesuai dengan tema tahun ini yang mengangkat sejarah pan jang hubungan diplomatik RI-Rusia. Di sela-sela pemberian hadiah, Lyudmila mengatakan, Indonesia merupakan mitra pen ting Rusia di Asia Pasifik. Dia berharap hubungan kedua negara akan semakin menguat. Indonesia dan Rusia secara resmi menjalin hubungan diplo ma tik sejak 1950.

muh shamil