Edisi 18-09-2019
Perusahaan dengan Layanan Pelanggan Terbaik


Pelanggan adalah raja, kalimat tersebut sangat populer di dunia bisnis.

Banyak perusahaan menjadi sukses karena mereka melayani pelanggannya dengan baik. Berikut 10 perusahaan dengan nilai pelayanan konsumen paling bagus di 2018.

CHICK-FIL-A Kategori : Restoran dengan Layanan Terbatas

Chick-fil-a adalah jaringan restoran cepat saji Amerika Serikat (AS) yang terkenal dengan sandwich ayam dan stafnya yang sangat sopan. Mereka mencetak 86,0 dalam kategori layanan pelanggan terbaik Forbes 2018 berdasarkan survei MS Money dan American Customer Satisfaction Index (ACSI).

AMAZON Kategori : Ritel Internet

Perusahaan dengan kepuasan layanan pelanggan tertinggi hadir dengan peringkat 57,3. Karyawan Amazon menghabiskan dua hari di setiap dua tahun masa bekerja di meja layanan pelanggan, bahkan CEO. Amazon.com adalah perusahaan pengecer online terbesar di dunia. Awalnya, ia dulunya adalah toko buku online, tetapi kemudian mendiversifikasikan lini bisnisnya hingga menjual barang-barang rumah tangga, elektronik, mode dan makanan.

HILTON : HOTEL & RESTORAN Kategori : Hotel & Restoran, Rumah Sakit

Pelayanan Hilton berada di peringkat ke-3 dalam layanan pelanggan dengan peringkat keunggulan 41,8. Hilton tetap setia pada tujuannya untuk memberikan kesan pengalaman tamu yang luar biasa dengan kehangatan keramahan, integritas, kepemimpinan, dan kerja tim luar biasa.

UPS Kategori : Jasa Pengiriman Logistik

United Parcel Service (UPS) dalam naungan North America, Inc. UPS dikenal sebagai perusahaan pengiriman dan logistik terbesar di dunia. Pelanggan perusahaan dapat dengan mudah melacak paket mereka, mengubah lokasi pengiriman, dan bahkan mengembalikan kiriman yang mengalami kerusakan begitu mereka menerimanya. Layanan UPS memiliki peringkat layanan sebesar 41,4 (kategori sangat baik).

FedEx Kategori : Pengiriman Barang

FedEx Corporation secara konsisten menempati peringkat lima besar sebagai salah satu perusahaan yang paling dikagumi dan dipercaya konsumen di dunia. Portofolio FedEx terbentang luas dari transportasi, e-commerce, dan layanan bisnis hingga menjanjikan keselamatan semua orang yang terlibat. FedEx mendapat peringkat sangat baik dalam layanan konsumen yakn 40,6.

GOOGLE Kategori : Internet Search Engines

Terdaftar sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia, Google mengkhususkan diri dalam layanan dan produk terkait Internet yang melayani orang-orang dari seluruh dunia. Menurut data, Google menjalankan lebih dari satu juta server di pusat data berbeda untuk memproses lebih dari satu miliar permintaan pencarian setiap hari. Dari layanan ini Google memperoleh nilai layanan sebesar 39,5.

STATE FARM Kategori : Asuransi

Tagline State Farm, "Kami lahir untuk membantu," berlaku karena telah menerima peringkat layanan sangat baik yakni 37,9 dalam survei MS Money tahun lalu. Layanannya berkisar dari asuransi rumah hingga mobil, dan layanan keuangan bagi mereka yang membutuhkan.

SAMSUNG Kategori : Barang Elektronik

Samsung dikenal sebagai perusahaan konglomerat multinasional asal Korea Selatan dengan banyak anak perusahaan dan bisnis terafiliasi. Dengan portofolio seperti itu tidak mengherankan Samsung memiliki pengaruh kuat pada perkembangan ekonomi, politik, media, dan budaya negeri Ginseng. Pada tahun 2018, Samsung meraih peringkat layanan yang baik yakni sebesar 36,5.

TRADER JOE’S Kategori : Supermarket

Digembar-gemborkan sebagai supermarket ramah lingkungan, Trader Joes sangat populer di kalangan pelanggannya. Menurut data tahun 2013, Trader Joe’s memiliki 408 toko aktif, sekitar setengahnya beroperasi di California, dengan konsentrasi utama di California Selatan. Selain itu, mereka memiliki toko di 30 negara bagian lain. Trader Joe mendapat peringkat layanan sebesar 36,2.

LOWE’S Kategori : Retail

Lowe adalah toko berjaringan asal AS yang menjual berbagai produk untuk perbaikan rumah seperti karpet, peralatan rumah tangga, aksesori untuk kamar mandi, dapur, dan banyak lainnya. Nilai layanan terhadap pelanggan Lowe’s berada dalam angka 35,9.

Tips Pelayanan Kepada Konsumen

Pelayanan Cepat & Tanggap

Sebagian besar pelanggan pastinya ingin dilayani dengan cepat dan tanggap. Tanggap maksudnya adalah apa yang Anda sampaikan harus sesuai dengan yang dimaksudkan oleh pelanggan. Jangan asal cepat tetapi tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh pelanggan.

Miliki Call Center

Pelanggan yang menghubungi lewat telepon harus diprioritaskan terlebih dahulu, karena pelanggan seperti ini biasanya memiliki urusan lebih penting. Jika hanya urusan sepele, pastinya pelanggan akan lebih memilih untuk menghubungi lewat akun social media, sms, atau email. Untuk itu pastikan ada seseorang yang tugasnya mengangkat telepon layanan call center yang bisa diandalkan.

Dengarkan Keluhan Pelanggan

Mendengarkan adalah salah satu kegiatan cukup sulit untuk dilakukan. Tetapi ini sebagai salah satu poin dalam meningkatkan pelayanan bisnis. Terkadang pelanggan yang banyak bicaranya sebagian dari mereka hanya ingin didengarkan, maka tugas Anda adalah mendengarkan pelanggan.

Menjaga Kesabaran

Kesabaran memang ada batasnya, tetapi Anda di perusahaan tetap harus menghadapi situasi yang menguras kesabaran. Jangan sampai Anda terpancing emosi sehingga mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas untuk didengar. Hal inilah yang nantinya akan memperburuk keadaan menjadi lebih rumit, sehingga membuat nilai pelayanan menjadi buruk.

Minta Feedback dari Pelanggan

Feedback memiliki peran penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Dengan adanya feedback, perusahaan bisa mengetahui sejauh mana pelayanan yang sudah diberikan kepada pelanggan, apakah sudah baik atau masih ada kekurangan.

Perusahaan Indonesia Terbaik Dunia 2018

Bank Mandiri

Bank asal dari Indonesia ini menempati posisi k-11 dalam list Pengusaha Terbaik Dunia, peringkat ke-112 di Perusahaan Tertinggi di Dunia dan peringkat ke-489 di Global 2000 2018. Bank mandiri telah memilki sekira 38,307 pekerja. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terlibat dalam penyediaan layanan perbankan umum. Ini beroperasi melalui segmen korporasi komersial dan bisnis, mikro dan ritel, konsumen, treasury, lembaga keuangan dan manajemen aset.

Bank Central Asia (BCA)

PT Bank Central Asia Tbk terlibat dalam penyediaan perbankan komersial dan layanan keuangan lainnya. Bank ini beroperasi melalui segmen geografis Sumatera, Jawa, Kalimantan, Indonesia Timur, dan Operasi Luar Negeri. Bank BCA berada di posisi ke-32 dalam kategori Karyawan terbaik versi Forbes.

Telkom Indonesia

Perusahaan pelayanan telekomunikasi ini berada di posisi ke-112. Perusahaan yang memiliki karyawan sekira 24.065 dan memiliki penjualan sekira USD9,6 miliar ini terlibat dalam penyediaan telekomunikasi, informasi, dan layanan jaringan. Perusahaan layanan telekomunikasi ini tercatat berada di urutan 242 Top Regarded Companies 2018 dan peringkat ke-720 di Global 2000 di 2018.

Gudang Garam

Perusahaan tembakau Indonesia ini telah menempati peringkat ke-109 yang memiliki sekira 35, 272 pegawai dan memiliki penjualan USD6,3 miliar. Perusahaan Ini menghasilkan rokok kretek termasuk varian low-tar dan low-nikotin, dan kretek linting tangan tradisional. Selain itu, Gudang Garam juga menempati posisi ke-187 di Top Regarded Companies 2017 dan peringkat ke-1.494 di Global 2000 2018.

Bank Negara Indonesia

BNI berada di posisi 157 Pegawai Terbaik di Dunia serta memiliki penjualan sekira USD4,9 miliar. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ini terlibat dalam penyediaan layanan perbankan umum. Ini beroperasi melalui segmen korporasi, komersial dan kecil, konsumen dan ritel menempati posisi ke-245 di Top Regarded Companies 2018 dan 903 di Global 2000 2018.

INFOGRAFIS: KORAN SINDO/BOBBY FIRMANSYAH