Edisi 18-09-2019
PLN Salurkan Bantuan CSR untuk Perajin Batik di Bekasi


JAKARTA – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Ja wa Bagian Barat (PLN UIP JBB) menyelenggarakan program unggulan corporate social respon sibility (CSR) untuk pengembangan batik sebagai waris an budaya lokal.

Melalui program tersebut, PLN UIP JBB memberikan bantuan kepada kelompok ibu-ibu perajin batik di Desa Segara Makmur, Tarumajaya, Bekasi. “Kegiatan yang kami lakukan, yaitu memberikan bantuan peralatan dan kebutuhan membatik.

Nilai bantuannya itu sekitar Rp40 juta,” ujar Ketua Tim CSR PLN UIP JBB Arifinno Akbari di Jakarta kemarin. Menurut dia, pelaksanaan pro gram CSR tersebut sebagai wu jud PLN turut serta meles - tari kan serta membangun eko - no mi masyarakat melalui usa ha batik.

Selain itu, bantuan ter - sebut untuk mendukung pro - duktivitas masyarakat da lam rangka menghasilkan kar yakarya khas lokal. Bahkan produk tersebut te - lah berhasil menjadi produk ung gulan pada ajang pameran Badan Usaha Milik Desa (Bum - desa) Expo 2019 di Bekasi.

Pameran Bumdesa Expo 2019 Ka - bupaten Bekasi digelar awal pekan ini. “Sebagai unit bisnis PLN, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian kami terha - dap lingkungan. Dan kami me - lihat kegiatan membatik sa ngat positif untuk mengge rak kan ekonomi masyarakat se hing ga mendorong pertum buh an ekonomi setempat,” tu tur nya.

Dia mengungkapkan, kegi - at an membatik tersebut sebe - lum nya pernah dilaksanakan oleh gabungan antara warga Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Kelompok PKK Desa Se gara Makmur. Karena ter - ken dala peralatan, akhirnya cu - kup lama tidak berproduksi.

“Melihat potensi ini, PLN UIP JBB tergerak untuk mem - beri bantuan untuk pengadaan peralatan dan kebutuhan membatik lainnya,” kata dia. Pada kesempatan yang sama, tenaga ahli dari Kementerian Desa, Transmigrasi, dan Pem bangunan Daerah Ter tinggal Neneng Hasanah meng - apresiasi kegiatan CSR yang dilaksanakan PLN.

Pihak nya berharap kegiatan ter se but mampu meningkatkan per - tumbuhan ekonomi yang di - hasilkan produk-produk lo kal desa. Dia berharap ke depannya program bantuan sosial per usa - haan tersebut dapat terus di - kembangkan dan mampu mengusung tema khas dari wi - layah setempat.

“Ini sejalan dengan misi kami untuk terus meng angkat potensi yang di - miliki masing-masing desa. De - ngan adanya dukungan se per ti CSR dari PLN ini masya ra kat bisa bangga memiliki pro duk unggulan yang dipa mer kan,” lanjutnya.

Sekretaris Kampung KB Segara Makmur Nenti Sumiati me nyambut baik bantuan dari PLN. Pasalnya, perajin batik di desanya kembali bangkit sete - lah lama tidak memproduksi.

Kendati masih terbilang baru, tidak menyurutkan semangat ibu-ibu perajin batik untuk terus memenuhi pesanan. “Belum lama setelah kainkain batik diproduksi, pesanan berdatangan. Ada yang pesan untuk seragam, ada juga yang langsung beli kain yang sudah ada,” katanya.

nanang wijayanto