Edisi 18-09-2019
Vettel Tak Terkejut Performa Leclerc


SINGAPURA– Sebastian Vettel menjalani musim paling berat dalam kariernya di Formula One (F1) tahun ini.

Selain belum memenangkan satu pun balapan, pembalap Ferrari ini juga kalah bersaing dengan rekan setimnya, Charles Leclerc. Vettel mengakui Leclerc memang memiliki potensi untuk bersinar bersama Ferrari. Terbukti, dia menjadi pembalap Ferrari yang sukses memenangkan balapan di F1 musim ini. Meski baru menjalani debut bersama tim asal Italia itu, pembalap asal Monako ini sukses memenangkan dua balapan yang terjadi di GP Belgia dan GP Italia yang sekaligus kemenangan pertama di kandang sejak 2009.

Kemenangan beruntun itu telah membuatnya bergerak di depan Vettel pada klasemen sementara pembalap F1 musim ini. Kondisi itu tentu membuat Vettel semakin tertekan. Tapi, pembalap asal Jerman ini sudah menyadari kehebatan dari Leclerc sejak masih di akademi. Jadi, ini sangat bagus untuk Ferrari.

“Saya pikir itu sangat positif bahwa dia telah mengejutkan semua orang di luar. Tapi, di dalam tim, dia telah bersama akademi pembalap Ferrari beberapa waktu lalu,” ucap Vettel, dilansir Crash. “Dia memiliki banyak potensi dan debut di F1 bersama Alfa dengan sangat baik.

Jadi, saya merasa dia sangat tepat berada di tim ini,” katanya. Kemenangan Leclerc di Sirkuit de Spa-Francorchamps telah membantu Ferrari untuk menjaga jarak antara mereka dan Red Bull yang berada di posisi ketiga klasemen konstruktor. Tapi, kedua tim itu ma sih terpaut jauh dengan Mer cedes yang berada di posisi pertama.

Meski begitu, Vettel dan Leclerc berada dalam arah yang tepat untuk Ferrari kembali bersaing di barisan depan. “Kami berusaha bekerja keras mendorong tim karena mobil kami tidak berada di tempat yang kami inginkan.

Kami tidak memiliki mobil atau kemampuan untuk memenangkan setiap balapan sehingga itu tujuan kami mengendarai mobil dengan baik. Saya percaya suatu hari kami memiliki mobil itu dan kemudian bisa melawannya (Mercedes),” papar Vettel.

Kini, Vettel akan kembali berusaha meningkatkan performa Ferrari SF90 miliknya menjelang balapan GP Singapura di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Minggu (22/9). Tahun lalu, pembalap berusia 32 tahun ini hanya mendapatkan podium ketiga. Jadi, dia berharap bisa mendapatkan hasil lebih baik pada balapan nanti.

“Setelah Spa-Francor-champs, kami akan pergi ke sirkuit yang sangat berbeda, Singapura. Ini sirkuit jalanan, bergelombang, dan tanpa ruang ketika melakukan kesalahan. Ini juga salah satu dari beberapa balapan yang berlangsung di bawah lampu. Kami membutuhkan downforcemak simal dan memiliki tiga senyawa ban softdi balapan nanti,” ungkap Vettel.

raikhul amar

Berita Lainnya...