Edisi 18-09-2019
ETOD Konsep Baru Hunian Milenial


PT Repower Asia Indonesia (Repower) menggulirkan hunian berkonsep education and transit oriented development (ETOD) di sejumlah lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Konsep ini berorientasi pada penyediaan fasilitas pendidikan bagi para penghuni, sekaligus memberi kemudahan akses transportasi. “Inovasi terbaru ini akan lebih intensif diimplementasikan dalam future development kami di tiga proyek apartemen yang terletak di Bekasi Timur, Tangerang, dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan,” sebut Presiden Direktur PT Repower Asia Indonesia Aulia Firdaus, dalam siaran pers.

Menurut dia, saat ini konsumen kian mempertimbangkan hunian yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan. Karena itu, para orang tua atau penghuni apartemen yang dikembangkan Repower akan difasilitasi dengan sekolah atau perguruan tinggi yang memadai.

“Tentu sekaligus memiliki akses transportasi yang memudahkan mobilitas para penghuni apartemen,” kata Aulia. Repower tengah menyiapkan proyek apartemen di tiga lokasi yang akan dibangun mulai 2020 dan ditargetkan rampung berkisar 2021 hingga 2023.

Segmentasi yang dibidik adalah kalangan menengah atas. Selain hunian yang nyaman, apartemen tersebut ditunjang berbagai fasilitas pendidikan dan area komersial yang memadai. Aulia menyebutkan, penerapan konsep ETOD di proyek apartemen merujuk pada pengalaman Repower dalam menggarap hunian tapak Botanical Puri Asri di Depok, Jawa Barat.

Hunian yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 hektare (ha) di kawasan Tugu, Tanah Baru, Depok itu lokasinya sangat strategis. “Hunian ini mengusung konsep education oriented d evelopment . Lokasinya berdekatan dengan tiga kampus ternama di Indonesia,” imbuhnya.

Aulia menjelaskan, Botanical Puri Asri terletak sekitar 15 menit dari Universitas Indonesia. Lalu, 10 menit dari Institut Sains Teknologi Nasional (ISTN), dan Akademi Pimpinan Perusahaan (APP).

“Botanical Puri Asri berkapasitas 92 unit dan menyasar segmen menengah, serta mengusung desain rumah minimalis modern yang dikombinasi dengan kawasan terbuka hijau. Lokasinya sangat strategis mengingat sangat dekat dengan pintu Tol Depok- Antasari,” kata Aulia.

ananda nararya