Edisi 02-10-2019
Jadi Agenda Sport Tourism Tahunan Bogor


JAKARTA– Kejuaraan Lari Highlands Half Marathon potensial menjadikan Kabupaten Bogor sebagai salah satu destinasi sport tourism khususnya maraton.

Karena itu, ajang yang digelar perdana di Taman Budaya, Sentul City, Minggu (29/9) itu, dijadwalkan menjadi agenda tahunan pemerintah. Mengusung konsep The New Challenge, Highlands Half Marathon 2019 memberikan pengalaman baru kepada 3.000 pelari yang ikut ambil bagian dalam raceyang pertama kali digelar.

Sesuai dengan konsepnya, rute yang dilewati menyusuri kawasan Sentul City dengan kontur perbukitan dengan pemandangan Gunung Pancar. Karena rute yang cukup menantang, pemahaman konsep hilly runditanamkan kepada para peserta mengingat kontur Sentul City yang berbukit-bukit.

Sentul City selaku race ownertelah sejak dini melakukan sejumlah aktivasi yang diharapkan dapat memberikan pemahaman kontur kawasan ini kepada peserta. “Kami memberikan cut off timeyang longgar untuk memberikan kesempatan kepada pelari agar maksimal menikmati rute lari,” ujar Advisor Highlands Half Marathon Jimmy Tjahjanto.

Pelari yang berjumlah 3.000 peserta terbagi atas kategori 21K atau Half Marathon (HM), 10K, dan 5K. Start dilakukan tepat waktu, mulai pukul 05.15 untuk kategori 21K dan berselang 15 menit kemudian untuk setiap kategori berikutnya. COT untuk HM maksimal 4 jam, 10K mendapat COT 2,5 jam, dan untuk 5K disediakan waktu 1,5 jam.

Untuk kategori HM Open Male, Edwin Yebei dengan nomor BIB 3713 mencetak waktu 01:11:14 yang membuatnya menjadi juara tahun ini. Untuk kategori HM Open Female dimenangkan Purity Jelimo dengan nomor dada 3714 dengan catatan waktu 01:23:23.

Di kategori 10K Open Male dimenangkan Hamka dengan nomor dada 1431 dengan catatan waktu 00:35:40. Untuk kategori 10K Open Female dimenangkan Ninik Sugiwati dengan nomor dada 1196 dengan catatan waktu 00:49:18.

Pada kategori 5K Open Male tercatat Anton Rimardo dengan nomor dada 6057 dengan catatan waktu 00:17:35 sebagai juara tahun ini. Untuk kategori 5K Open Female dimenangkan Rosima Simbolon dengan nomor dada 5392 dengan perolehan waktu 00:20:43.

“Raceini adalah tantangan pertama bagi kami untuk merealisasikan lomba lari jalan raya dan kami ingin eventini maksimal, baik bagi pelari maupun kami,” ujar Komisaris Sentul City Jeyson Pribadi, yang menggagas ajang HHM 2019.

Head of Committee Highlands Half Marathon Aida Ristany menyebut pemandangan yang indah bernuansa hutan pinus dan pepohonan tropis yang menjulang serta pemandangan bukit dan gunung di kejauhan diyakini akan menambah keseruan saat berlari.

Lomba lari ini diikuti pelari dari berbagai kota dengan dominasi peserta dari Jakarta, diikuti pelari dari wilayah Tangerang, Bogor, Bekasi, dan juga berbagai kota di Indonesia. Pelari asing antara lain dan Kenya, Jepang, dan Singapura.

“Kehadiran pelari berbagai kota dan mancanegara ini mendorong kami untuk semangat menghelat racedengan standar baik dan bermutu sehingga diminati kalangan pelari dari berbagai penjuru kota dan negara pada pelaksanaan berikutnya,” ujar Aida Ristany.

abriandi