Edisi 02-10-2019
Mercedes Dekati Rekor Ferrari


SOCHI– Bos tim Mercedes Toto Wolff semakin optimistis timnya mengamankan gelar juara konstruktor di Formula One (F1) musim ini.

Finis di posisi pertama-kedua pada GP Rusia akhir pekan lalu menjadi indikator utama. Kemenangan keempat Lewis Hamilton di Rusia memiliki dampak besar bagi pembalap dan tim. Wolff semakin percaya diri timnya berkesempatan menjadi juara konstruktor untuk keenam secara beruntun musim ini.

Bahkan, dia juga menyebut Hamilton tinggal selangkah lagi menjadi juara dunia F1 2019. Namun, pria berusia 47 tahun itu tak ingin terlalu terlena dengan keberhasilan timnya di Rusia. Dia menilai timnya harus melakukan peningkatan untuk balapan berikutnya di GP Jepang, 13 Oktober mendatang.

Karena, rivalnya, Ferrari, sebenarnya sudah menunjukkan peningkatan signifikan dengan merebut tiga kemenangan beruntun, sebelum Hamilton mengakhirinya di Sochi. “Saya pikir itu adalah langkah besar untuk menuju kejuaraan.

Tapi, kami perlu memulihkan langkah kami saat balapan di Suzuka. Itu adalah trek yang brilian. Kami selalu sangat kuat di sana. Kami harus menemukan jawaban untuk pertanyaan kami dan menjadi lebih kuat lagi,” kata Wolff, dilansir situs resmi F1.

Yang paling utama di antara pertanyaan-pertanyaan itu bagaimana mendapatkan kembali kecepatan yang sama seperti Ferrari. Karena, sebelum Vettel mundur akibat mengalami masalah mesin pada lap 28 di Rusia, pembalap asal Jerman itu bersama rekannya, Charles Leclerc, mengawali balapan di posisi pertama-kedua.

Namun, Wolff mengakui kemenangan ini berkat strategi timnya sehingga bisa menguasai podium pertamakedua untuk pertama kali sejak balapan di Inggris, Juli lalu. Namun, dia juga tidak menampik kecepatan Ferrari dinilai lebih baik dibandingkan timnya.

Karena itu, pria asal Austria ini berharap bisa meningkatkan mobil kedua pembalapnya untuk balapan berikutnya. “Secara keseluruhan, sepanjang akhir pekan itu, mereka (Ferrari) lebih baik dan kami memiliki pekerjaan besar di tangan kami.

Kami perlu memiliki kecepatan bagus di kualifikasi dan kami perlu memilah cara kami mengatur mobil, bagaimana kami memahami ban agar bisa cepat dalam balapan lagi,” paparnya. Dengan hasil sempurna di Sochi, Mercedes memimpin klasemen konstruktor sementara F1 2019 dengan 571 poin atau unggul 162 angka dari Ferrari.

Dengan tersisa 220 yang diperebutkan dalam lima balapan yang terakhir, tim yang berbasis di Barckley, Inggris, itu semakin dekat menyamai rekor Ferrari dengan merebut enam gelar secara beruntun yang terjadi pada 1999–2004.

raikhul amar