Edisi 02-10-2019
Piala Presiden Esport 2020 Siap Digelar


JAKARTA – Perkembangan Esport di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Karena itu, pemerintah akan kembali melanjutkan turnamen Piala Presiden 2020 yang akan berlangsung di Jakarta pada 13 Oktober 2019–Februari 2020. Ketua Panitia Piala Presiden Giring Ganesha mengaku senang karena perkembangan Esport terus didorong oleh Berkraf dan Kominfo.

Dia mengatakan, hal itu memiliki dampak positif karena bisa menghasilkan pekerjaan besar dan pemasukan untuk negara. Selain itu, dia mengingatkan bahwa Esport bukan hal negatif karena memiliki jiwa sportivitas saat bermain. Dengan begitu, Giring pun sangat senang Piala Presiden akan kembali berlangsung.

Pasalnya, animo peserta pada tahun ini terbilang besar. Apalagi turnamen tersebut berjalan lancar. Karena itu, dia berharap pada Piala Presiden 2020 bisa menghasilkan atletatlet potensial. Setelah itu, dapat membantu Indonesia berprestasi di ajang SEA Games 2019 Filipina.

“Piala Presiden Esport 2019 pada Maret kemarin lancar. Pada 13 Oktober 2019, kita akan adakan acara kickoff Piala Presiden Esport 2020. Final pada Februari 2020. Karena satu tahun tak bisa dibikin ajang besar dengan nama sama.

Jadi kita putuskan kickofftetap tahun ini, tapi finalnya 2020,” ucap Giring. Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto sangat mendukung digelarnya Piala Presiden 2020. Dia juga berharap yang selama ini ada semacam pemaham bahwa Esport masih negatif sebagai perusak bangsa, bisa dipandang lebih positif.

Sebab ada unsur olahraga dalam permainan tersebut. “Itu tugas pemerintah dan stakeholder agar mengedukasi masyarakat bahwa Esport seperti apa. Esport itu sisi olahraganya terpenuhi. Tapi memang Esport di sistem keolahragaan nasional tidak ada,” ucap Gatot.

raikhul amar